Home » Uncategorized » Sejarah Twitter

Sejarah Twitter

M-Bida

Archives

Twitter Updates

free counters

Twitter adalah jasa micro-blogging dan jejaring sosial online yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan hingga 140 karakter yang umumnya disebut “tweets”. Ditemukan oleh Jack Dorsey, popularitas Twitter meningkat cepat. Twitter juga sering disebut sebagai SMS-nya Internet. Markas besarnya berada di San Fransisco, dan beberapa kantor dengan server tambahan di San Antonio, Boston dan New York City. Lalu bagaimana sejarahnya?

Image

Twitter berawal dari sesi brainstorming yang dilakukan oleh para petinggi perusahaan podcasting bernama Odeo. Ide awal dari Dorsey adalah penggunaan jasa SMS untuk melakukan komunikasi dengan mereka yang berada dalam suatu kelompok kecil. Proyek ini kemudian diberi nama TWTTR, terinspirasi dari Flickr dan kependekan dari kode SMS Amerika yang terdiri dari 5 karakter. Pihak pengembang awalnya mempertimbangkan penggunaan “10958” tapi berubah menjadi “40404” agar lebih praktis dalam mengingatnya. Proyek dimulai pada 21 Maret 2006, saat Dorsey mengirim pesan Twitter pertama yang berbunyi “just setting up my twttr”.

Jack Dorsey sendiri mengatakan bahwa nama Twitter sangat cocok karena mampu mendefinisikan sebuah informasi singkat dan mirip dengan kicauan burung. Prototype awal Twitter digunakan hanya oleh karyawan Odeo dan pada 15 July 2006. Pada Oktober 2006, para anggota Odeo seperti Biz Stone, Evan Williams dan Dorsey membentuk perusahaan Obvious Corporation dan membeli Odeo, semua asetnya termasuk Odeo.com dan Twitter.com dari para investor dan pemegang saham. Pada April 2007, Twitter berkembang menjadi perusahaan mandiri.

Popularitas Twitter berawal dari festival South by Southwest. Pada kegiatan tersebut, penggunaan Twitter meningkat menjadi 60.000 tweets perhari. Steven Levy dari Newsweek mewartakan bahwa perusahaan Twitter dengan cerdik menempatkan 2 layar plasma berukuran 60″ di ruang konverensi yang berfungsi untuk menampilkan pesan-pesan Twitter, akibatnya para peserta konferensi mendapatkan informasi akurat dari sesama pengguna, para pembicara juga menyinggung hal tersebut dan juga dukungan dari para blogger yang hadir.

Pesan Twitter pertama yang dikirimkan dari luar angkasa ditulis oleh Astronot Nasa, T.J. Creamer pada 22 Januari 2010, dan pada akhir November 2010, rata-rata update harian sebanyak 12 pesan dikirimkan melalui account @NASA_Astronauts.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: