Home » General » Rudal Andalan TNI AU

Rudal Andalan TNI AU

M-Bida

Archives

Twitter Updates

free counters

Saat browsing di internet, saya menemukan informasi yang sangat berguna bagi kita sebagai warga negara Indonesia. Hal ini berkaitan dengan sistem pertahanan negara yang mengawal angkasa kita. Setelah lama menggunakan berbagai jenis pesawat, mulai dari OV-10 Bronco, MIG-17 Fresco, F-5 Tiger, Hawk 100/200 hingga F-16 Fighting Falcon dan Sukhoi Su-27/30 Flanker, maka pengembangan berikutnya adalah jenis senjata yang dimiliki armada tersebut. Mungkin belum banyak yang tahu senjata apa saja yang bisa dipasang pada burung-burung besi itu. Untuk itulah saya akan sedikit share tentang persenjataan yang dibawa oleh F-16 dan Sukhoi Su-27/30.

Sidewinder, Si Pemburu Panas

Rudal pemburu panas ini mulai hadir sejak awal tahun 80-an. Dari beberapa tipe pesawat tempur yang dimiliki, diketahui hanya tiga jenis pesawat tempur yang mampu menggotong Sidewinder, yakni F-5 Tiger, F-16 Fighting Falcon dan Hawk 100/200. Ada dua tipe Sidewinder milik TNI AU, yakni AIM-9 P2 dan AIM-9 P4. Paket rudal AIM-9 P2 dibeli bersamaan dengan pengadaan 16 pesawat tempur F-5 E/F Tiger yang pertama datang pada 21 April 1980. Sedangkan tipe AIM-9 P4 dibeli bersamaan dengan pembelian 12 pesawat tempur F-16 A/B Fighting Falcon pada tahun 1989. Rudal Sidewinder untuk pertama kali ditembakkan pada tahun 1989 di selatan Samudra Hindia. Rudal diluncurkan dari dua F-5 Tiger yang lepas landas dari lanud Ngurah Rai, Bali.

AIM-9X Sidewinder

Rudal buatan Raytheon Company, AS ini memiliki banyak varian, tipe terbarunya adalah AIM 9X yang mulai digunakan militer AS tahun 2003 lalu. Untuk tipe AIM 9 P4 milik TNI AU memiliki kecepatan luncur 2.5 Mach dalam tempo waktu 2,2 detik. Jangkauan rudal efektif adalah 17,7 Km dengan lama misi 60 detik. Bobot Sidewinder sendiri sekitar 78 Kg.

F-16 blue

Rudal AIM 9 disebut-sebut sebagai rudal udara ke udara jarak pendek paling populer sejagad, karena banyak dipakai oleh negara-negara di dunia terutama sekutu AS dan NATO.

 

Vympel R-27 (AA-10 Alamo)

Vympel R-27 adalah rudal udara ke udara jarak menengah yang dikembangkan sejak era Uni Soviet sekitar tahun 80-an. Rudal ini dipasang pada Sukhoi Su-27/30 TNI AU sebagai sistem senjata utamanya (mungkin sih.. ! ). Hal ini mengingat Singapura dan Malaysia sudah memasang AIM-9x versi baru untuk armada pesawat tempurnya, yaitu AIM-7 Sparrow dan AIM-120 AMRAAM. Rudal Vympel R-27 Alamo berfungsi untuk menandingi kedigdayaan Sparrow dan AMRAAM tersebut. Namun kita tidak tahu varian apa yang dipakai oleh TNI AU, karena ini sifatnya rahasia negara.

Alamo

Rudal Vympel R-27 Alamo berpemandu radar semi aktif dengan jangkauan hingga 130 km yang punya kemampuan juga sebagai rudal anti radiasi. Negara-negara yang dekat dengan Rusia (ex-Uni Soviet) mengandalkan rudal ini, seperti Cina, India, Ukraina, Malaysia dan yang lainnya.

Sukhoi TNI AU

 


2 Comments

  1. Yean says:

    Kenapa tni tdk beli rudal sekelas SCUD jd gak usah beli tank

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: