Home » Uncategorized » Mobil Nasional Indonesia

Mobil Nasional Indonesia

M-Bida

Archives

Twitter Updates

free counters

Indonesia merupakan salah satu pasar mobil terbesar di dunia. Lihat saja begitu banyaknya mobil bersliweran di jalanan, para produsen mobil tidak pernah kekurangan konsumen dan setiap tahun semakin banyak mobil turun ke jalan. Namun yang menyedihkan, jarang sekali (malah sebenarnya tidak ada) kita lihat mobil buatan negeri yang berkeliaran di jalanan Indonesia. Tapi jangan sedih, di bawah ini ada 7 mobil buatan negeri sendiri yang mungkin sebentar lagi bisa kita lihat lalu lalang di jalan raya.

Marlip

Mobil ini merupakan mobil listrik hasil pengembangan LIPI yang sekarang dipasarkan PT. Marlip Indo Mandiri. Selain membuat mobil golf, buggy pasien, mobil keamanan, Marlip juga mengeluarkan mobil penumpang dengan kecepatan mencapai 50 km/jam dengan empat penumpang. Namun amat disayangkan bentuknya kurang bagus dan jarak tempuh maksimumnya hanya 120 km. Harganya sekitar 60 – 80 juta.

Maleo

Maleo merupakan sebuah kisah menyedihkan sebuah mobil nasional. Tahun 1993 pemerintah mulai berpikir membuat mobil nasional. Saat itu instansi yang diberi tugas adalah IPTN. Pertama bekerjasama dengan Rover, Inggris, lalu dengan Millard Design Australia. Sampai tahun 1997 IPTN telah membuat 11 rancangan mobil yang sangat bagus, namun karena pergantian kekuasaan dan gejolak saat itu program ini akhirnyapun berhenti. Yang menyedihkan adalah rancangan-rancangan tersebut hanya menjadi hal yang sia-sia.

Gea

Gea merupakan mobil nasional yang dibidani oleh PT. INKA (Industri Kereta Api). Mobil ini bermesin Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional), yaitu sebuah mesin berkapastias 640 cc. Tujuan utama mobil ini adalah memberikan alternatif mobil kecil untuk menghadapi krisis energi. Mobil ini harganya berkisar antara 45 -50 juta, dan sudah diuji coba hingga 10.000 km dengan kecepatan maksimalnya 90 km/jam. Mobil ini sudah sampai tahap uji coba produksi dan dalam waktu dekat akan masuk pasaran.

Tawon

Mobil yang diproyeksikan menjadi pengganti Bajaj ini diproduksi oleh PT Super Gasindo Indonesia Jaya (GIJ). Di antara mobil-mobil nasional lain yang ada di daftar ini mobil Tawon-lah yang paling siap dari segi pemasaran. Mobil ini menggunakan gas alam sebagai bahan bakar, memiliki mesin 650 cc, kecepatan maksimal 100 km/jam dan dibanderol 48 Juta Rupiah on the road.

Komodo

Ibnu Susilo, salah satu bidan CN-250 Gatotkaca, salah satu Head Designer Maleo, sekarang telah mengeluarkan desain baru dari tangan-tangan dinginnya. Komodo, sebuah mobil offroad Indonesia yang menakjubkan. Meskipun ukurannya kecil namun kemampuannya garang. Mobil ini dapat melintasi hutan sejauh 100 km dalam 6-7 jam dan menghabiskan hanya 5 liter. Selain itu mobil ini memiliki fitur self-recovery dimana ia tidak bisa terguling, begitu tergulian mobil ini akan kembali ke posisi yang stabil. Tidak goyah di medan yang sulit menjadikannya mobil Indonesia yang sangat membanggakan.

Timor

Teknologi Industri Mobil Rakyat (Timor), siapa yang tidak ingat dengan tragedi mobil nasional ini. Bahkan entah kenapa sulit sekali mencari informasi tentang mobil yang diproduksi PT. Timor Putra Nasional ini di internet. Mobil ini merupakan mobil KIA Sephia dari Korea Selatan. Idenya adalah dengan mengimpor mobil dari luar negeri yang didukung komponen lokal, maka mobil nasional lama-kelamaan bisa menjadi kenyataan. Maka mobil Korea ini dibebaskan dari segala pajak dan dijual di pasaran. Namun karena perubahan rezim, krisis ekonomi dan permasalahan keuangan menenggelamkan perusahaan ini.

Esemka Digdaya

Esemka Digdaya merupakan proyek mobil nasional yang dikerjakan oleh anak-anak SMK 1 Singosari Malang. Mobil dobel kabin ini memiliki mesin 1500 cc eks Timor dan menghabiskan dana 175 juta untuk membuatnya dengan melibatkan 50 siswa SMK. Departemen Pendidikan Nasional sudah mulai mendekati beberapa produsen yang tertarik untuk memproduksinya untuk dipasarkan. Mobil ini bisa naik begitu tinggi dalam daftar karena menunjukkan bahwa murid SMK saja bisa membuat mobil nasional.

 

Sumber : http://www.menjelma.com/2011/03/7-mobil-nasional-indonesia.html


2 Comments

  1. saya justru menginginkan dan mengajak agar pemikiran pejabat2, seharusnya punya andil untuk memikirkn terhadap kemajuan bangsa indonesia ini. dan lupakanlah kelompok mari kita bangun industri automotif dan industri strategi pertahan yang harus di integrasikan dalam suatu program pemberdayaan seperti tersebut. baiuk pusat maupun Dewan seluruh nusantara kita buat kebangkitan automotif nusantara.

    Like

  2. Fortunera says:

    Setuju mas. Sudah saatnya bangsa ini yakin akan kemampuan diri sendiri. Banyak SDM kita yg bisa disandingkan dg negara lain. Tapi mungkin para pengambil kebijakan belum memberi kesempatan kepada mereka utk tampil menunjukkan skill, kemampuan, dan pengalaman mereka. Semoga seiring berjalannya waktu, potensi SDM anak negri semakin baik dan diperhitungkan dlm kancah global.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: