Home » Media » 10 TV Swasta Pertama di Indonesia

10 TV Swasta Pertama di Indonesia

M-Bida

Archives

Twitter Updates

free counters

Sejarah pertelevisian di Indonesia memang panjang. Dalam perjalanannya, dunia pertelevisian Indonesia tak lepas dari adanya unsur politik negeri ini. Di dalam daftar 10 stasiun TV swata pertama di Indonesia ini, Anda akan melihat betapa peran banyak politisi dalam proses pembangunan stasiun TV swasta di Indonesia. Dalam daftar ini, kami hanya akan menyertakan stasiun televisi swasta yang sudah bertingkat nasional, dan bukan regional (jadi jangan heran jika Jogja TV, Bali TV, Jak TV, dan yang lainya tidak akan masuk dalam daftar ini). Pengurutan daftar ini kami dasarkan pada tanggal penyiaran nasional perdana, dan bukan berdasarkan tanggal berdirinya.

Dan inilah daftar 10 Televisi Swasta Pertama di Indonesia :

1. RCTI
RCTI atau Rajawali Citra Televivi Indonesia adalah stasiun televisi swasta pertama di Indonesia. RCTI didirikan untuk sarana alternatif siaran tontonan yang menarik yang sebelumnya selalu didominasi oleh TVRI (gimana nggak mendominasi, la TVRI kan stasiun televisi satu-satunya di Indonesia). Dan mengudara pertama kalinya pada tanggal 1 Januari 1987. Kemudian memulai siaran percobaan secara global pada tanggal 1 januari 1988 dan diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1989. Pada awalnya ijin siaran RCTI adalah untuk area Jabodetabek, tapi karena semakin hari semakin banyak peminat siaran RCTI, maka kemudian RCTI mulai siaran secara bebas di Indonesia dengan dibarengi ijin pemerintah atas hak siaran di Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1990.

2. TPI
TPI (dulu merupakan singkatan dari Televisi Pendidikan Indonesia) merupakan stasiun TV swasta kedua di Indonesia. Pada awalnya, TPI merupakan stasiun yang berbagi dengan TVRI yang khusus menyiarkan berbagai acara pendidikan dan edukasi. Mengudara secara nasional pertama kalinya pada tanggal 1 Januari 1991 dan diresmikan pada tanggal 23 Januari 1991 oleh Presiden Soeharto di Studio 12 TVRI. Walaupun dulunya TPI berkongsi dengan TVRI, tapi di pertengahan tahun 90-an, TPI mulai memisahkan diri dari TVRI dan mulai membuat siaran sendiri serta mulai mengurangi siaran pendidikan, dan kemudian berubah kepanjangan menjadi Televisi Paling Indonesia.🙂

3. SCTV
SCTV (awalnya singkatan dari Surabaya Central Televisi Indonesia). Hal ini memang sebenarnya SCTVpada awalnya adalah stasiun yang memancarkan siaran RCTI (yang pada saat itu hanya mengudara di daerah Jabodetabek) di daerah Surabaya dan sekitarnya. Maka tak heran jika saat itu, SCTV dan RCTI dikenal sebagai saudara kembar. Mengudara pertama kali pada tanggal 24 Agustus 1990 (berbarengan dengan keluarnya ijin RCTI untuk mengudara secara nasional). Pada awalnya, siaran SCTV hanya berupa siaran RCTI yang disiarkan kembali. Tapi lama-kelamaan, SCTV mulai membuat siaran sendiri dan mulai terpisah dengan RCTI. Dan pada tahun 1991, siaran SCTV mulai meluas ke daerah luar teritori Surabaya seperti Bali, Lamongan, Banyuwangi, dll. Sejak saat itulah kemudian SCTV mengubah kepanjanganya menjadi Surya Citra Televisi Indonesia. SCTV sendiri mulai mengudara secara nasional pada tanggal 1 Januari 1993, dengan berbekal SK Menteri Penerangan No. 111/1992.

4. ANTV
Antv (dieja Anteve, singkatan dari Andalas Televisi) adalah salah satu stasiun televisi swasta nasional di Indonesia. Pada awalnya, pemancar utama Antv didirikan di Bandar Lampung pada tanggal 1 Januari 1993 dan menyiarkan acaranya di daerah Bandar Lampung. Baru pada tanggal 18 Januari 1993 antv mendapat stasiun televisi siaran nasional di kota Jakarta melalui Keputusan Menteri Penerangan RI No. 04A/1993. ANTV baru diresmikan pada tanggal 1 Maret 1993.

5. Indosiar
Indosiar adalah salah satu stasiun televisi swasta Indonesia yang beroperasi di Daan Mogot Jakarta Barat. Stasiun televisi yang dikelola oleh PT Indosiar Karya Media Tbk pertama kalinya beroperasi secara nasional pada tanggal 1 September 1994 di Jakarta dan diresmikan pada tanggal 1 januari 1995. Pada awal siarannya, Indosiar banyak menayangkan acara-acara favorit keluarga dan menjadi salah satu stasiun televisi paling banyak ditonton pada era 90-an. Tapi kini, pamornya mulai turun sejalan dengan makin banyaknya stasiun-stasiun televisi baru yang mendapat hak siar.

6. TransTV
TransTV (Televisi Transformasi Indonesia) didirikan pada tanggal 1 Agustus 1998. TransTV mulai resmi disiarkan pada 10 November 2001 meski baru terhitung siaran percobaan. TransTV sudah membangun stasiun relay TV-nya di Jakarta dan Bandung. Siaran percobaan dimulai dari seorang presenter yang menyapa pemirsa pukul 19.00 WIB malam. TransTV kemudian mengudara dan mulai diresmikan oleh Presiden Gus Dur sejak tanggal 15 Desember 2001.

7. Trans7
Trans7 adalah sebuah stasiun televisi yang sebelumnya bernama Tv7. Stasiun televisi ini didirikan  pada tanggal 22 Maret 2000 dan dikelola oleh PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh, dan diluncurkan pertama kalinya pada tanggal 10 November 2001. Sebelum bernama Trans7, stasiun televisi ini bernama Tv7. Tapi setelah PT Trans Corporation membeli saham PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh sebesar 49%, maka kemudian Tv7 berganti nama menjadi Trans7 pada tanggal 4 Agustus 2006 dan dilaunching ulang pada tanggal 15 Desember 2006.

8. Tv One
TvOne (yang sebelumnya bernama Lativi) adalah stasiun televisi yang didirikan dan mulai siaran pertama kali pada tanggal 9 Agustus 2002. Pada awalnya, isi siarannya berupa acara hiburan keluarga. Tapi sejak tanggal 14 Februari 2008, Lativi resmi berganti nama dengan nama TvOne. Dan sejak saat itu, TvOne mulai banyak menyiarkan berita (bahkan komposisi acara beritanya mencapai 70%).

9. Metro TV
Metro Tv merupakan stasiun televisi milik PT Media Televisi Indonesia (anak perusahaan dari Media Group, suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh). Pertama kalinya memperoleh izin siar secara nasional pada tanggal 25 oktober 1999. Metro Tv mengudara pertama kalinya pada tanggal 25 November 2000. Pada awalnya, Metro TV hanya mengudara di 7 kota dan hanya berporsi 7 jam sehari. Tapi sejak 1 April 2001, Metro TV mengudara secara penuh. Stasiun televisi ini mempunyai ciri khas yaitu hanya menyiarkan siaran yang berbau berita dan educational, jadi jangan harap bisa menemukan acara tak bermutu di stasiun televisi ini.

10. Global TV
Global TV merupakan stasiun televisi swasta yang dikelola oleh Media Nusantara Citra (perusahaan media yang juga memiliki RCTI dan TPI). Didirikan dan diluncurkan pertama kalinya pada tanggal 8 Oktober 2002. Dan pada awalnya hanya disiarkan untuk merelay acara MTV Asia yang  ditayangkan di Antv. Namun sejalan dengan makin turunnya pamor MTV Asia, Global TV lalu mulai menyiarkan acara sendiri (saat itu program yang menonjol adalah acara-acara dari Nickelodeon). Dan kini Global TV telah mampu menyiarkan banyak acara-acara bermutu.

 

Source : http://unikkeren.blogspot.com/2011/06/10-stasiun-televisi-swasta-pertama-di.html


4 Comments

  1. wahyu says:

    bisa g memasukan tv ke komputer ?

    Like

  2. tuaffi says:

    kebetulan saya lagi cari referensi tentang ini.. Terimakasihhh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: