Home » Uncategorized » Wong Fei Hung

Wong Fei Hung

M-Bida

Archives

Twitter Updates

free counters

Menurut legenda, Wong Fei Hung lahir di Foshan pada hari ke-9 bulan-7 tahun ke-27 dari pemerintahan Kaisar Daoguang (c. 1847), putra Wong Kei Ying – yang merupakan salah satu dari “Sepuluh Harimau Kanton “. Wong Fei Hung berasal dari keluarga muslim yang ahli dalam bidang pengobatan dan beladiri tradisional Tiongkok (Wushu).

Wong Kei Ying telah belajar seni bela diri dari Luk Ah Choi (陆阿采), teman sekelas Hung Hei Gun (洪熙官) yang merupakan pendiri gaya seni bela diri Cina Hung Gar. Pada usia lima tahun, Wong Kei Ying mulai mengajar Wong Fei Hung pengetahuan yang diturunkan kepadanya: Single Hard Fist, Double Hard Fist, Taming the Tiger Fist (伏虎拳), Mother & Son Butterfly Knives (子母双刀), Angry Tiger Fist, Fifth Brother Eight Trigram Pole (五郎八卦棍), Flying Hook, dan Black Tiger Fist (黑虎拳).

Pada usia 13 tahun, Wong bertemu Lam Fuk Sing, murid pertama dari Kiu Tit Saam di Douzhixiang, Foshan ketika demonstrasi seni bela diri. Lam mengajarkan Wong “Tour de Force” dari Iron Wire Fist dan Sling, yang membantu Wong menjadi seorang master Hung Ga. Ketika ia berusia 16, Wong Fei Hung mendirikan sekolah seni bela diri pertama di Shuijiao, Guangdong dan kemudian membuka klinik Po-Chi-Lam (宝芝林) di Renan Street di Foshan.

Later Years

Wong direkrut oleh Komandan utama Provinsi Jiming Wu Quanmei dan Liu Yongfu untuk menjadi petugas medis dan instruktur latihan seni bela diri militer dan milisi lokal Guangdong. Wong ikut bersama Liu Yongfu untuk melawan tentara Jepang di Taiwan di kemudian hari. Wong kehilangan anaknya dan Po-Chi-Lam dalam tahun-tahun berikutnya karena kebakaran. Wong meninggal karena sakit pada hari ke 25 bulan ke-3 pada tahun 1924 di Rumah Sakit Chengxi Fangbian di Guangdong. Istri Wong dan murid-muridnya Lam Sai-wing dan Tang Sai-King pindah ke Hong Kong kemudian, di mana mereka terus mengajar warisan seni bela diri Wong. Wong menjadi pahlawan rakyat legendaris karen cerita kehidupannya banyak di ceritakan, di cetak dan di buat film.

Sebagai seniman bela diri

Wong adalah seorang ahli “Hung Fist”. Dia mensistemasi gaya dominan “Hung Fist” dan menciptakan versinya yang terkenal “Tiger Crane Paired Form Fist”, yang memasukkan tekniknya “Ten Special Fist”. Wong terkenal karena keterampilannya dengan teknik yang dikenal sebagai “Shadowless Kick” (Tendangan Tanpa Bayangan). Ia menamai teknik keahliannya ketika ia menggunakannya.

Wong juga mahir dalam menggunakan senjata seperti Toya dan southern tiger fork. Satu kisah menceritakan bagaimana Wong mengalahkan 30 gangster di dermaga Guangdong menggunakan toya. Dia juga melindungi yang lemah dan miskin dari anggota gang maupun pasukan pemerintah.

Wong kadang-kadang keliru diidentifikasi sebagai salah satu dari “Sepuluh Harimau Kanton”. Ayahnya Wong Kei-Ying adalah salah satu dari sepuluh tapi ia tidak. Wong dijuluki sebagai “Macan setelah Sepuluh Harimau” untuk upaya heroik untuk membela kebanggaan Cina ketika Cina menghadapi penindasan dari kekuatan asing.

Wong Fei Hung adalah seorang pahlawan Cina. Yang terkenal akan keberaniannya dan melakukan hal yang benar bukan karena uang, atau motivasi lainnya kecuali untuk keperluan orang banyak.

Dalam awal kehidupan berkeluarganya, Tuhan mengujinya dengan berbagai cobaan. Seorang anaknya terbunuh dalam suatu insiden. Wong Fei Hung tiga kali menikah karena istri-istrinya meninggal dalam usia pendek, lalu ia memutuskan untuk hidup sendiri sampai kemudian ia bertemu dengan pasangan hidupnya yang terakhir bernama Mok Gwai Lan, seorang perempuan muda yang kebetulan juga sangat ahli beladiri. Mok Gwai Lan pun turut mengajar beladiri pada kelas perempuan di perguruan suaminya. Pada tahun 1924 Wong Fei Hung meninggal.


2 Comments

  1. dealer pulsa says:

    guru wong memang hebat, jago kungfu dan pengobatan

    Like

    • Fortunera says:

      betul tuh. selain jago kungfu dia uga ahli di bidang pengobatan kan ?! liat aja di film2nya smua pasti bergenre kungfu yg diselingi dg pengobatan yg dia lakukan gitu..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: