Home » Komputer » Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

M-Bida

Archives

Twitter Updates

free counters

Jaringan komputer berawal ketika George Stibitz dari Dartmouth College di New Hampshire pada bulan September 1940 menggunakan mesin teletip untuk mengirimkan beberapa masalah ke Complex Number Calculator di New York. George pun menerima balasan dengan alat yang sama. Kesuksesan inilah yang menarik perhatian ARPA (Advanced Research Projects Agency), sehingga pada tahun 1962, seorang yang bernama J.C.R. Lickliader mengembangkan sebuah grup jaringan yang disebut dengan Intergalactic Network sebagai cikal bakal pengembangan ARPAnet.

Pada tahun 1964, seorang peneliti di Dartmouth mengembangkan system tersebut pada komputer. Pada tahun yang sama, MIT (Massachusetts Institute of Technology) membentuk grup penelitian yang di dukung oleh General Electric dan Bell Labs, dengan komputer bernama PDP-8 untuk mengarahkan dan mengatur koneksi telepon. Lalu sekitar tahun 1969, empat universitas di Amerika yaitu Universitas California di Los Angeles, SRI di Stanford,Universitas California di Santa Barbara dan Universitas Utah terhubung dengan jaringan 50 kb. Inilah yang disebut proyek ARPAnet yang merupakan cikal bakal internet.

Pembangunan sebuah jaringan komputer tergantung pada kondisi dan kebutuhan masing-masing individu. Tipe dan desain jaringan computer yang sering disebut network terminology ada beberapa macam. Diantaranya adalah :

  • LAN (Local Area Network)

LAN adalah jaringan komputer yang mencakup daerah kecil seperti rumah, kantor dan sekolah. Umumnya LAN dibangun dengan peralatan yang relatif murah, semisal NIC (Network Interface Card) atau biasa dikenal LAN Card, hub dan kabel jaringan. Sistem operasi yang digunakan bisa Windows 95/98, Windows NT, 2000,XP,Vista, atau Windows 7. Bisa pula yang platform UNIX seperti Linux, FreeBSD, BSD dan lainnya.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan komputer yang besar dan biasanya digunakan di dalam sebuah sekolah, kampus atau sebuah kota. Jenis koneksi yang digunakan adalah wireless atau kabel fiber optic.

  • WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan computer yang mencakup area lokasi yang luas seperti antar negara ataupun antar benua. Teknologi yang dipakai di dalam WAN antara lain modem, ISDN (Integrated Service Digital Network), DSL (Digital Subscriber Line), Frame Relay, SONET (Synchronous Optical Network) dan lain sebagainya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: