Home » Komputer » Instan Messaging

Instan Messaging

M-Bida

Archives

Twitter Updates

free counters

Pesan instan (bahasa Inggris: Instant messaging) adalah sebuah teknologi Internet yang mengizinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time) menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama.

Diantara program layanan instan messaging yang banyak digunakan oleh pemakai internet adalah :

Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.

Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.

MSN Messenger

MSN Messenger merupakan layanan pesan instan yang dipublikasikan oleh Microsoft dari tahun 1999 untuk komputer-komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows dan lebih ditujukan untuk pengguna rumahan. Umumnya MSN Messenger disebut sebagai MSN. Pengguna yang memiliki sambungan internet dapat menggunakan program ini.

Windows Live Messenger

Windows Live Messenger merupakan salah program pengirim pesan instan yang awalnya bernama MSN Messenger. Program ini diluncurkan oleh Microsoft sebagai pengganti MSN Messenger pada tanggal 19 Juni 2006.

Camfrog

Camfrog merupakan salah satu dari perangkat lunak pengirim pesan instan yang telah ada di dunia internet, dimana didalamnya kita bisa berinteraksi lewat text, video streaming, audio streaming dan VoIP.

“Ruangan” yang dimiliki oleh camfrog memiliki sifat yang unik, artinya di dalam sebuah ruangan bisa menampung sekitar 1.000 lebih pengguna. Salah satu kelebihan dari Camfrog adalah jika kita ingin melihat kamera pengguna lain, kita tidak perlu lagi untuk meminta ijin dari pengguna tersebut.

Skype

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi).

Sumber : http://www.wikipedia.org/


1 Comment

  1. rinaldy says:

    ooo..ya ya ya..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: