Kendaraan Tempur Lapis Baja (Tank)

Standard

BLACK EAGLE


Black Eagle (bahasa Rusia : Чёрный Орёл, Chyorny Oryol, atau Obyekt 640) diduga merupakan prototip tank yang pernah dibuat oleh Rusia. Prototip ini diduga dikembangkan oleh biro desain KBTM di Omsk pada akhir tahun 1990-an. Versi produksi tank ini tidak pernah ditunjukan kepada umum. Proyek Black Eagle telah dibatalkan, dan semua produksi telah dihentikan. Perusahaan yang mengembangkan tank ini, Omsk Transmash, telah mengalami kebangkrutan. Kol. Vladimir Voitov, kepala peneliti di Main Directorate of the Armored Troops, menampik keberadaan tank ini pada September 2009.

 

CENTURION


Centurion adalah tank utama Inggris pada masa setelah Perang Dunia II, dan banyak dianggap sebagai tank rancangan Inggris yang paling sukses. Tank ini dirancang pada Perang Dunia II, tapi belum sempat digunakan pada pertempuran karena baru selesai pada akhir Perang Dunia II. Tank ini lalu digunakan pada Perang Korea, dimana tank ini mengalahkan kemampuan tank Amerika Serikat dan Uni Soviet. Tank ini juga digunakan Australia pada Perang Vietnam dengan peran pendukung. Tank ini kemudian menjadi salah satu tank yang paling banyak digunakan, dengan sejumlah kecil masih digunakan sampai tahun 1990-an. Bahkan, pada konflik tahun 2006 di Lebanon Selatan, terlihat bahwa pihak Israel masih menggunakan tank Centurion tanpa meriam yang digunakan sebagai kendaraan pengangkut.

 

CHALLENGER 2


Challenger 2 adalah tank utama (bahasa Inggris : main battle tank) atau MBT yang diproduksi oleh Inggris (Britania Raya). Rancangan dan produksi dilaksanakan oleh perusahaan sistem pertahanan Inggris Vickers Defence Systems, sekarang dikenal dengan nama BAE Systems Land and Armaments. Perusahaan tersebut mengiklankan tank baja ini sebagai, “Tank tempur utama paling handal di dunia”. Ironisnya pada bulan Januari 2008, 2 (dua) buah tank tempur ini rusak parah dalam sebuah pertempuran, dan sebuah lagi hancur pada sebuah insiden tembakan persahabatan dari tank tempur yang sejenis.

Tank tempur Challenger 2 adalah disain ulang perluasan dari tipe pertamanya, yaitu tank Challenger 1. Tank Challenger 2 ini masih menggunakan bentuk dasar lambung dari tank pemulanya, demikian juga pada bagian-bagian otomotif-nya, namun selain daripada itu semua adalah baru. Maka tank Challenger 2 resmi menggantikan Challenger 1 menjadi Tank Tempur Utama (MTB) tentara Kerajaan Inggris hingga dewasa ini. Tank ini diketahui pula dipakai oleh tentara Kerajaan Oman. Kendaraan militer ini terlihat beroperasi di Bosnia – Herzegovina, Kosovo dan Irak. Semasa Perang Teluk 2003 Tank tempur Challenger 2 tidak mengalami kekalahan dari tembakan pihak musuh. Dalam suatu penyerbuan, sebuah tank Challenger 2 dapat bertahan dari 14 kali tembakan yang berasal dari senjata pelontar granat musuh dan sebuah peluru kendali anti tank “Milan”.

CRUISER MK 1


Cruiser Mk I atau A9 adalah jenis tank cruiser pertama. Di rancang memiliki kecepatan tinggi dengan tujuan memotong garis pertahanan musuh sekaligus menyergap garis pertahanan komunikasi musuh. Tank Baja ini adalah kendaraan tempur berat, mengadaptasi Tank Baja tipe Mark I yang di produksi dalam kurun waktu yang bersamaan. Dirancang pada tahun 1934, tank jenis ini hanya digunakan di Britania Raya, Inggris.

 

M1 ABRAMS


M1 Abrams adalah tank tempur utama (main battle tank, MBT) Angkatan Darat Amerika Serikat dan Marinir Amerika Serikat, dengan tiga versi utama yang dipakai secara bertahap mulai pada tahun 1980: M1, M1A1, dan M1A2. Versi terbaru M1A2 memiliki perlindungan dan peralatan elektronik baru. Tank ini diberi nama dari nama Jenderal Creighton Abrams, mantan Kepala Staf Angkatan Darat dan komandan Resimen Lapis Baja ke-37 AS.

Tank M1 Abrams menggantikan tank M60 Patton dan M48A5. Tetapi M1 sempat aktif dipakai bersama dengan tank M60A3 selama lebih dari 10 tahun, karena tank M60A3 baru mulai dipakai dua tahun sebelum kemunculan M1.

 

M48 PATTON


M48 Patton adalah salah satu tank Amerika Serikat yang digunakan dari tahun 1950an sampai tahun 1990an. M48 juga digunakan oleh pasukan Amerika Serikat selama Perang Vietnam dan digunakan secara luas oleh sekutu Amerika Serikat saat Perang Dingin, terutama engara-negara NATO.

M48 Patton didesain untuk menggantikan tank M47 Patton dan M4 Sherman. Walaupun tank ini menyerupai M47, M48 Patton adalah tank baru dengan desain yang baru. Beberapa model M48A5 digunakan pada tahun 1980an. Secara internasional berbagai model M48 Patton masih digunakan hingga kini.

 

SCORPION


FV101 Scorpion adalah tank ringan modern buatan Inggris. Dibuat oleh Alvis Vickers dan dipakai oleh militer Inggris pada tahun 1973 sampai tahun 1994. Lebih dari 3000 buah tank jenis ini diproduksi.

Tank jenis ini merupakan kendaraan militer yang cepat, tangkas dan dapat dibawa dengan pesawat udara. Terbuat dari bahan utama aluminium dan dipersenjatai dengan senjata meriam 76mm. Model awal menggunakan mesin (bensin) Jaguar 4.2 liter dan dapat berjalan dengan kecepatan 76 km/jam. Jenis terakhir menggunakan mesin disel.

 

AMX-13


AMX-13 adalah sebuah tank buatan Perancis yang diproduksi tahun 1953 sampai tahun 1985. Tank ini digunakan oleh pasukan Perancis dan diekspor ke 25 negara lainnya. Diperkirakan bahwa total produksi dari keluarga AMX-13 sekitar 7.700, dimana sekitar 3.400 diekspor.

2 thoughts on “Kendaraan Tempur Lapis Baja (Tank)

  1. Zepheris

    Just a correction, the image you put for the AMX-13 is actually the scorpion, and the one you put for the scorpion is PT-91

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s